Lilypie 4th Birthday Ticker Lilypie 1st Birthday Ticker

Friday, July 13, 2007

Cerita Yang Tertunda

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Tapi sebenarnya gua gak pernah ngarepin segini cepatnya. Jadi ceritanya begini.... Pada tanggal 4 Juli 2007, gua pergi ke gynae untuk check up perkembangan baby sehabis pulang kantor. Suandy dan Cherish juga pergi bareng. Nah pada awalnya dokter periksa kira-kira berapa berat baby saat itu. Kata dokter sekitar 2.8an kg. 2 minggu sebelumnya dokter pernah bilang kalo berat baby 3 kg, kemungkinan mau diinduksi. Maksudnya proses kelahirannya dipercepat. Nah pas denger 2.8 kg, jadi gua udah berpikir gak mungkin diinduksi deh... Lalu dokter periksa cervixnya udah ada pembukaan belum. Tiba-tiba dokter bilang malem ini kamu harus admitted hospital sambil ketawa n tersenyum-senyum gitu... Gua dan Suandy spontan ngak percaya gitu.. Sampe Suandy dan gua nanya, "Are you kidding, Doc. Are you sure??" Saking gak percayanya. :P Dokter sampe bilang, " You thought I am kidding. Your cervix has opened for 2 cm. I can show you the blood." Dia ngomongnya gak marah kok, Dokter Lee emang baik dan sabar orangnya.. :D Abis itu dia nunjukkin glove yang ada darahnya ke Suandy..
Sebenarnya sih gua lebih suka lahiran cara alami aja. Maksudnya nungguin tanda kelahiran gitu, seperti flek darah, air ketuban pecah, kontraksi dll. Jadi pas denger induksi, rasanya gimana gitu.. Gua sampe nego ke dokter, kalo gua gak rumah sakit gimana dan kalo nunggu sampe tanggal 7 gimana. Maklum deh tanggal 7 itu tanggal yang unik ... 07-07-07. Dokter bilang terserah kita aja sih. Cuman dia kawatir nanti tanda kelahirannya bakalan muncul besoknya pas gua dan Suandy kerja. Kan jadi kalang kabut tuh.. Dan kemungkinan besar tanda lahiran itu akan datang sebelum tanggal 7. Lagian menurut dokter tanggal 7, rumah sakit bakal penuh banget. Jadi sangat tidak disarankan. Pas sampe rumah emang bener sih akhirnya flek darahanya muncul. Yah wis akhirnya jam 11.45 kita berangkat dari rumah menuju ke RS. Ini juga setelah Cherish dah bobo pules. Jadi tanggal 5 Juli itu sebenarnya usia kehamilan tepat 37 minggu. Menurut prediksi awal bayi lahir tanggal 26 Juli 2007.

Sesampe di sana diperiksa ternyata pembukaannya masih 2 cm juga. Lalu dikasih obat untuk mengeluarkan kotoran dari perut. Setelah itu baru diinduksi dengan cara memasukkan obat ke rahim untuk melunakkan (soften) cervic sehingga mudah pembukaannya pada saat baby mulai turun. Jam 5 pagi kurang kontraksi mulai sering. Sakit juga. Alhasil gua tanya kapan kira-kira gua bakal lahiran. Kata susternya sekitar jam 1an. Wah gak kebayang deh harus ngalamin sakit kayak gitu sampe 1. Bisa-bisa gua kehabisan energi menahan sakit. Gua tanya ada metode apa aja untuk menahan sakit selain epidural. Dia bilang pake laughing gas ato suntikan. Nah gua coba laughing gas dulu.. Kalo gua bisa menghirupnya gas dengan baik, rasa sakit kontraksi berkurang dan akan berasa "fly". Tapi kok rasanya lama-lama gua jadi teler dan kadang sesak napas. Mungkin cara gua menghirup terlalu dipaksakan kali yah sampe sesak. :P
Suandy lihat gua teler gitu, akhirnya gak tega dan minta epidural. Sebenarnya gua juga bakalan minta epidural sih. Habis gua pikir kalo ngefly, gimana mau ngepush.. :D

Pembukaan rahim berjalan dengan lambat sekali. Jam 8 lewat masih 5 cm. Sampe-sampe kadang dokter mencoba stimulasi dan disaat yang bersamaan gua ngepush.. Tetap aja cervicnya bandel gak mau membuka lebar. :( Alhasil sekitar jam 10.40-an, udah pembukaan penuh (10cm). Tapi karena rahim gua males, kontraksinya gak sering-sering gitu... Beberapa kali ngepush, baby juga belum keluar. Padahal udah sekuat tenaga.. Dokter bilang kamu bisa... Paling telat jam 11.05 bakalan lahir. Akhirnya beneran juga prediksi dokter, baby lahir tepat jam 11.05 setelah "push" yang panjang sekaliiiiiii... Wahaha beneran deh dorongan/ngeden terakhir itu, gua bener bener full power deh..... Di sela-sela push itu, gua cuman bisa berdoa dalam hati minta Tuhan kasih gua kekuatan supaya baby bisa keluar... Puji Tuhan akhirnya gua melahirkan tanpa alat bantuan vacuum ato forceps..

Dan Puji Tuhan juga baby lahir lengkap dan sehat.

Bayi itu kami namakan Cayden Akio Tan.

Lahir pada tanggal 5 Juli 2007 (sama dengan tanggal lahir adik cewe gua) jam 1105 pagi.
Tempat: Mount Alvernia Hospital, Thomson Road, Singapore.

Berat: 2940 gram
Tinggi: 51 cm

Cayden artinya spirit of battle
Harapan gua dan Suandy semoga dia gak mudah putus asa dan tetep semangat dalam hidupnya... Soalnya berasa banget pas masa kehamilan, banyak masalah dan cobaan yang dateng.. Tapi berkat Tuhan semua bisa kita lampaui...

Akio artinya intelligent boy

Tan dari nama bapaknya alias Suandy....:D

Weather Gif Images
Love isn't about becoming somebody's "perfect person". It is about finding someone who helps u become the best person u can be.